Comments

Recent

Bottom Ad [Post Page]

Search This Blog

Archive

Select Your Language

Full width home advertisement

Popular

Travel Highlight

Culiner Highlight

Author Description

hello welcome to my blog. thank you for your visit, don't forget to share if you think it's useful. we always open criticism and suggestions, submit your criticism and suggestions through the comments column

Post Page Advertisement [Top]

Tuesday 22 May 2018

UMBUL PONGGOK - Snorkelling di Kolam Renang

Apakabar traveller? Sebentar lagi musim mudik dan liburan nih, sudah siapkan list destinasi wisata yang akan dikunjungi? Belum ada? Coba deh simak destinasi wisata di daerah Klaten yang satu ini.


Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam alami yang dikembangkan menjadi wisata tirta yang cukup terkenal di Klaten. Asal mula nama Umbul Ponggok berasal dari dua kata, yaitu “Umbul” yang berarti mata air dan “Ponggok” adalah nama desa di mana umbul itu berada. Aneka ikan warna-warni yang hidup di Umbul Ponggok dan dasar kolam yang indah menjadikannya sebagai lokasi favorit snorkeling.

Selain sebagai tempat snorkelling, Umbul Ponggok juga kerap dijadikan lokasi latihan diving bagi penyelam pemula sebelum mereka benar-benar menyelam di laut. Bagi wisatawan yang tidak bisa berenang maupun tidak ingin snorkelling bisa naik perahu kayuh dan mengelilingi umbul. Sedangkan bagi anak-anak tersedia kolam berukuran pendek yang bisa dijadikan lokasi berenang maupun sebatas bermain air.
Menurut cerita, umbul itu sudah ada sejak ratusan tahun silam, dan keberadaan umbul Ponggok pada masa penjajahan Belanda berfungsi untuk pengairan perkebunan, dan di tahun-tahun terakhir ini dipergunakan juga untuk tempat wisata air.


Kolam Umbul Ponggok ini memiliki ukuran 50 x 25 meter dengan kedalaman air rata-rata 1,5 – 2,6 meter. Snorkeling di tempat ini Anda tidak perlu takut akan terbawa gelombang, karena di tempat ini bukanlah dilaut melinkan di sumber mata air alami yang segar dan jernih dengan banyak jenis ikan yang hidup di dalamnya.

Kolam di Umbul Ponggok ini berbeda dengan kolam lainnya, dasar kolam ini tidak berupa lantai keramik melainkan masih alami yang berupa pasir dan beberapa bebatuan yang juga berisi ribuan ikan yang mempercantik keindahan kolam.

Meski dipenuhi oleh ikan, namun air di umbul Ponggok ini sangat jernih. Hal ini dikarenakan adanya sumber mata iar alami yang mengalir terus -menerus, sehingga air akan terus jernih dan terjaga kebersihannya.
Lokasi Umbul Ponggok

Umbul Ponggok terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polan Harjo, Klaten, Jawa Tengah. Dari Yogyakarta bisa ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Lokasinya lumayan jauh dari jalan raya Jogja-Solo. Untuk sampai di sana, kita sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Sebab untuk bisa ke sana masih belum ada transport umum seperti Bus maupun angkutan umum lainnya yang lewat sana.

Namun tidak perlu khawatir karena akses untuk ke sana bisa ditempuh dengan mudah dengan menggunakan motor ataupun mobil pribadi. Dan sepanjang jalan sudah cukup penunjuk jalan untuk bisa ke lokasi.

Jika kamu dari arah Jogja, maka carilah terlebih gahulu GOR klaten, kemudian ikut jalur utama arah menuju Karanganom. Lihat-lihat jika ada penunjuk arah menuju lokasi desa Ponggok, jika memiliki GPS tidak ada salahnya untuk menggunakannya. Jika masih bingung dengan rute ke lokasi, kita bisa bertanya pada penduduk yang kita temui.

Jam Buka Umbul Ponggok
Umbul Ponggok buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.
Untuk masuk ke Umbul Ponggok wisatawan wajib membayar biaya retribusi sebesar Rp 5.000 per orang.

Jika ingin melakukan pemotretan di Umbul Ponggok, wisatawan disarankan datang pada hari Senin – Jumat pukul 07.00 – 09.00 WIB atau pukul 14.00 – 16.00 WIB. Sedangkan pada akhir pekan Sabtu – Minggu untuk hasil yang memuaskan disarankan datang pukul 07.00 – 09.00 WIB. Pemotretan di pagi atau sore hari akan menghasilkan gambar yang lebih bagus karena air umbul lebih jernih dan sinar matahari masih dari samping bukan tepat di atas kepala. Selain itu pada siang hari jumlah pengunjung biasanya jauh lebih banyak sehingga tidak bisa leluasa mencari spot foto yang bagus.

Beberapa fasilitas yang ada di Umbul Ponggok Klaten ini, yaitu:
1.         Tempat duduk dan Ruang Ganti
Umbul Ponggok menyediakan fasilitas seperti kursi untuk pengunjung duduk dapat kita jumpai di sekitaran bibir kolam. Selain itu juga ditempat ini juga disediakan banyak ruang ganti atau kamar mandi yang bisa kita gunakan untuk ganti pakaian maupun untuk buang air. Namun masing tempat ini dikelola oleh masyarakat sekitar, sehingga untuk mengguanaknnya wajib membayar.

2.         Mushola
di Umbul Ponggok ini juga juga sudah tersedia Mushola untuk kita melakukan ibadah. Tempatnya sendiri lebih ke belakang, sehingga jauh dari karamaian.
3.         Tempat Makan
Untuk tempat makan dapat kita temukan di sekeliling kolam. Banyak tempat yang memberiakn sajian yang berbeda, dari Nasi, Gorengan, Minuman Panas, Minuman dingin, makanan sea food, ayam goreng / bakar, dan lain sebagainya. Sehingga Anda tidak perlu bingung lagi untuk mencari tempat makan, karena di dalam kawasan Umbul Ponggok itu sendiri sudah tersedia banyak pilihan yang apat kita pilih sesuai dengan selera kita.
4.         Sewa Kamera
Salah satu hal yang harus dilakukan saat berada di Umbul Ponggok adalah melakukan sesi pemotretan di dalam air. Bagi wisatawan yang tidak memiliki kamera underwater tidak perlu khawatir, karena di Umbul Ponggok terdapat jasa penyewaan Jika ingin pemotretan yang berkonsep, di tempat ini juga terdapat jasa pemotretan underwater dengan harga relatif murah.

5.         Paket Prewedding

Tempat wisata Klaten Umbul Ponggok ini juga menyajikan paket prawedding . Di mana sesi dapat dilakukan di dalam air. Pastinya dengan melakuakn foto Prawedding di Umbul Ponggok akan memunculkan kesan dan kenangan yang berbeda dan menarik. Untuk harga dan harinya Anda dapat datang ke sini untuk kesepakatannya.

KELILING DUNIA DI JOGJA? baca disini
Berikut harga sewa peralatan dan paket di Umbul Ponggok:
  • Paket Kamera Underwater untuk durasi ½ jam, maksimal 4 orang   Rp. 60.000
  • Paket Kamera Underwater untuk durasi 1 jam, maksimal 7 orang   Rp. 100.000
  • Paket Power Dive ( walker ), sudah termasuk dokumentasi ( hanya foto)    Rp. 150.000
  • Paket Power Dive ( walker ), sudah termasuk dokumentasi ( foto &
  • video)  Rp. 200.000
  • Paket Diving, sudah termasuk dokumentasi, tabung oksigen, kaki katak,
  • swim suit & googles, bimbingan sebelum menyelam            Rp. 250.000
  • Paket Prewedding Standar, waktu pemotretan 1 hari, 3 crew fotografer, biaya sewa tempat pemotretan, dokumentasi      Rp. 2.000.000
  • Paket Prewedding Full, waktu pemotretan 1 hari, 3 crew fotografer, 1 orang
  • make up artis, wardrobe – ukuran kostum memakai ukuran umum, biaya sewa
  • tempat pemotretan, dokumentasi disimpan dalam CD dan dicetak Rp. 3.000.000
  • Persewaan Locker/unit           Rp. 3.000
  • Persewaan Alat pelampung/unit        Rp. 7.000
  • Persewaan Alat kaki katak/unit          Rp. 7.000
  • Persewaan Alat masker snorkel/unit  Rp. 13.000
  • Persewaan Properti Foto – sepeda     Rp. 30.000
  • Persewaan Properti Foto – TV/Laptop/set taman     Rp. 60.000
  • Persewaan Properti Foto – jet sky/ayunan double    Rp. 150.000
  • Persewaan Properti Foto – tenda & set kursi Rp. 100.000
  • Persewaan Properti Foto – becak/motor/set love/ayunan   Rp. 100.000
  • Sewa tempat untuk sesi pemotretan prewedding     Rp. 300.000
Cara Aman Menikmati Umbul Ponggok Klaten
1.      Lengkapi perlengkapan renang Anda
Untuk menyelam dan snorkeling paling tidak gunakan masker selam dan snorkel, serta sepatu katak untuk memudahkan dalam berenang. Masker selam berguna agar kamu bisa melihat dengan lebih baik di bawah air. Yang kedua , snorkel. Snorkel adalah tabung berbentuk “J” yang membantu kita bernapas melalui mulut. Dan yang ketiga sepatu katak atau fin. Sepatu katak berguna agar saat berenang pergerakan kita menjadi lebih mudah.

2.      Cek semua peralatan terlebih dulu
Kita perlu memeriksa dan memastikan dulu semua peralatan. Apakah ada pemasangan yang kurang pas, juga apakah ada retak atau robek pada alat yang kita gunakan

3.      Jangan jauh-jauh dari pemandu atau teman Anda
Sering kali saat kita terlalu senang melakukan sesuatu tanpa sadar kehilangan kendali. Seperti halnya disaat menikmati indahnya Umbul Ponggok, tanpa sadar kita sering berenang jauh dariteman-teman. Karena itu tidak peduli sesenang apapun berusahalah tetap dekat dengan teman-teman Anda dan tentunya juga dengan pemandu Anda. Tujuannya agar kalian bisa saling mengawasi jika terjadi sesuatu, misalnya kram atau kehabisan tenaga disaat berenang, sehingga Anda akan cepat mendapatkan bantuan.
BACA JUGA, Tour memacu adrenalin di Merapi

Gimana? Instagramable banget kan? Selalu ingat untuk menjaga kebersihan disekitar, jangan sampai tempat yang kita kunjungi rusak hanya karena kita tidak menjaga kebersihannya. Selamat menikmati liburanmu di Umbul Ponggok, Klaten!

Untuk lebih jelas, simak video di link dibawah ini
KLIK DISINI UNTUK MENONTON VIDEO

No comments:
Write komentar

Berlangganan
Untuk mendapatkan hal baru !