Comments

Recent

Bottom Ad [Post Page]

Search This Blog

Archive

Select Your Language

Full width home advertisement

Popular

Travel Highlight

Culiner Highlight

Author Description

hello welcome to my blog. thank you for your visit, don't forget to share if you think it's useful. we always open criticism and suggestions, submit your criticism and suggestions through the comments column

Post Page Advertisement [Top]

Friday 8 June 2018

CHICKEN KATSU – si Jepang yang Praktis


Katsu, merupakan salah satu makanan asli dari Jepang. Konon katanya katsu ini sudah ada sejak abad ke- 19.  Pada awalnya katsu hanya dibuat dari daging sapi saja, tetapi seiring dengan perkembangannya katsu juga dapat dibuat dengan menggunakan beragam jenis daging lainnya seperti daging babi dan daging ayam.


Secara umum, katsu biasanya dibuat dari irisan daging yang diberi bumbu lalu dicelupkan ke dalam telur dan diolesi dengan tepung panir. Adonan tersebut kemudian di goreng dalam minyak yang banyak hingga matang.

Katsu tersebut kemudian disajikan bersama dengan sepiring nasi putih dan pelengkap lainnya seperti kubis, parutan lobak, kari, kecap, saus teriyaki, dan masih banyak lagi. Terkadang, katsu juga sering dijadikan sebagai isian dari roti.

Bahan
  • Daging dada ayam cukup 1 potong
  • Bubuk merica sekiranya 1/4 sendok teh
  • Garam sekitar 1 sendok teh
  • Penyedap rasa kira-kira 1/4 sendok
  • Air jeruk lemon sebanyak 1 sendok makan
  • Tepung roti kasar sebanyak 100 gram
  • Telur ayam cukup dengan 1 butir
  • Susu cair 2 sendok makan
  • Tepung terigu sebanyak 5 sendok makan
Cara Membuat
Pertama siapkan terlebih dahulu sebuah kayu bersih atau hiegenis dan pukul daging dada ayam dengan menggunakan kayu tersebut. Hal ini berguna agar daging menjadi pipih dan mirip seperti steak.

Setelah daging agak pipih, lumuri daging ayam tersebut dengan menggunakan bumbu-bumbu yang telah dipersiapkan seperti bubuk merica, garam, penyedap rasa, dan air jeruk lemon. Agar bumbu semakin meresap ke dalam lapisan daging ayam, silahkan diamkan selama kurang lebih 30 menitan.

Sementara menunggu bumbu tersebut meresap. Campurkan antara telur ayam dengan susu cair. Aduk-aduk kedua bahan tersebut sampai tercampur secara merata. Apabila sudah tercampur, sisihkan terlebih dahulu.

Ambil daging ayam yang telah kita diamkan tadi. Kemudian lumuri daging ayam yang telah diberi bumbu tadi dengen tepung terigu, lanjutkan dengan mencelupkan daging tersebut ke dalam campuran telur dan susu cair. Biarkan terlebih dahulu.

Setelah mencelupkan ke telur dan susu cair, ambil daging ayam tersebut dan guling-gulingkan di atas tepung roti kasar alias tepung panir yang telah kita persiapkan tadi. Agar tepung roti tersebut lebih renyah dan menempel secara sempurna, simpan daging ayam tersebut di lemari pendingin selama kurang lebih 30 menitan.

Sekarang kita sudah masuk ke proses penggorengan. Siapkan wajan yang sudah diisi dengan minyak goreng secukupnya kemudian goreng daging ayam tersebut hingga berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Pastikan daging ayam tersebut sudah benar-benar matang.

Angkat chicken katsu tersebut lalu sajikan bersama dengan nasi putih hangat. Agar lebih nikmat, silahkan tambahkan irisan kol, wortel, dan juga bawang. Jangan lupa untuk menambahkan saus atau mayonaise untuk celupan katsu tersebut.

Gampang banget kan? Chicken Katsu bisa disajikan kapan saja. Saat berbuka puasa, saat sahur atau untuk menu bekal sekolah. Selamat mencoba!

No comments:
Write komentar

Berlangganan
Untuk mendapatkan hal baru !