Comments

Recent

Bottom Ad [Post Page]

Search This Blog

Archive

Select Your Language

Full width home advertisement

Popular

Travel Highlight

Culiner Highlight

Author Description

hello welcome to my blog. thank you for your visit, don't forget to share if you think it's useful. we always open criticism and suggestions, submit your criticism and suggestions through the comments column

Post Page Advertisement [Top]

Saturday 9 March 2019

Wisata Pantai Surumanis Kebumen - The Best Sunset at Kebumen

Kabupaten Kebumen memang surganya lokasi wisata alam yang masih asri. Tak hanya pegunungan, Kebumen juga banyak memiliki pantai –pantai istimewa yang menghadap langsung ke arah pantai selatan. Pesonanya tak hanya datang dari birunya laut nan menenangkan tapi juga keasrian dari masing –masing lokasi yang masih terjaga akan membuat pikiran menjadi lebih segar dan menghilangkan penat.

pantai surumanis kebumen jawa tengah


Nah pantai masih menjadi lokasi favorit bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu libur dan weekendnya. Terutama bila lokasi wisata tersebut masih asri dan rutenya cukup menantang untuk di lalui. Karena kebanyakan wisatawan tersebut ingin merasakan suasana baru diluar aktivitas perkotaan yang padat dan sumpek. Nah Pantas Surumanis bisa menjadi salah satu rekomendasi wisata pantai asri.

Harga Tiket Masuk di Pantai Surumanis

Biaya akses masuk ke lokasi wisata satu ini tergolong cukup murah, yakni untuk dapat menikmati keindahan pantai Surumanis, kocek yang perlu Anda siapkan adalah sebesar Rp 5.000,00 per orang dan biaya parkir sebesar Rp 5.000,00 untuk mobil serta Rp 2.000,00 untuk sepedah motor. Cukup murah bila dibandingkan dengan biaya akses masuk lokasi wisata sejenis dengan fasilitas yang hampir sama.

Lokasi wisata pantai Surumanir memang masih jarang dikunjungi wisatawan, oleh karena itu lokasinya masih cukup asri. Fasilitas yang disediakan di Pantai Surumanis juga masih ala kadarnya, berupa tempat tempat istirahat yang instagramable atau cocok bila digunakan untuk foto dan mengabadikan momen, tempat beribadah, kamar mandi umum dan juga air bersih.

Rute Menuju Lokasi Pantai Surumanis

Pantai Surumanis terletak di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Lokasi pantai Surumanis juga sangat mudah untuk ditemukan, terutama bila Anda menggunakan Google Maps, lokasinya sudah tertera di google maps, jadi jangan khawatir untuk nyasar yah. Beberapa petunjuk arah dan tanda jalan juga telah dipasang untuk memudahkan wisatawan menuju lokasi.

Pantai Surumanis berada di bagian timur Pantai Pecaron. Jalan menuju Pantai Surumanis merupakan jalur bukit yang cukup terjal. Jadi bila Anda ingin berkunjung ke lokasi tersebut, usahakan membawa kendaraan yang sehat, kuat dan tangguh untuk mengatasi lajur jalan yang berbukit naik dan turun. tetap ikuti penunjuk arah yang telah tersedia di setiap pinggir jalan atau persimpangan yang ada.



Nah sekarang bila Anda saat ini berada di kota Kebumen, maka untuk mencapai lokasi Pantai Surumanis Anda harus mengambil rute jalan menuju ke Pantai Petahanan. Kemudian lanjutkan ke arah pantai Suwuk dan selanjutnya rute ke arah pantai Karangbolong. Lanjutkan perjalanan sampai Anda menemui rute Pantai Ayah dan kemudian dilanjutkan dengan rute ke Pantai Pasir.

Jika Anda sudah menemukan tanjakan dengan tikungan tajam dengan gapura gerbang masuk bertuliskan “Pantai Pecaron”, ikuti masuk ke jalur tersebut. Selanjutnya perjalanan dapat Anda lanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 1 km menuju ke arah Pantai Surumanis, Kecamatan Ayah, Kebumen.

Atau ikuti rute yang telah saya siapkan di bawah ini


Obyek Wisata di Pantai Surumanis

Berikut ini beberapa objek yang dapat Anda nikmati di Pantai Surumanis:

1. Pesona Pantai Pasir Hitam Berkarang

Pantai Surumanis memiliki pasir pantai berwarna hitam kecoklatan yang menyatu dengan warna laut selatan biru pekat dengan panjang garis pantai sekitar 600 meter. Ditambah dengan batu batu karang yang menjulang mulai dari kecil hingga besar dan memecah debur ombak besar. Bentuk karang –karang yang unik membuat bebatuan tersebut menjadi objek background foto yang unik dan ikonik.

pantai surumanis kebumen



Pantai Surumanis dikelilingi oleh batu –batu karang, sehingga angin dan ombak yang melalui pantai ini memang tidak cukup besar bila dibandingkan dengan pantai –pantai yang terletak di wilayah selatan pulau jawa dan juga berhadapan langsung dengan samudra hindia. Karena letaknya di antara tebing, pantai Surumanis tergolong pantai yang cukup terpencil untuk dijangkau.

2. Rute Menuju Pantai yang Menantang

Jalan menuju pantai Surumanis adalah sama dengan jalan yang dituju bila kita mau menuju Pantai Pecaron, namun jalur ke Pantai Surumanis lebih ke arah pojok dan lebih terpencil. Untuk sampai ke lokasi pantai Surumanis, Anda harus mendaki bukit karang yang masih asri, kemudian menuruninya. Selama perjalanan mendaki bukit, Anda akan disuguhi oleh pemandangan yang tidak biasa.

Pemandangan pantai Surumanis dan beberapa tebing di pantai sekitarnya akan dapat Anda nikmati melalui puncak bukit akses masuk Pantai Surumanis. Tak hanya pantai Surumanis, beberapa pantai yang terletak di satu garis lurus dengan pantai Surumanis pun akan terlihat dengan jelas pemandangan dan pesonanya. Anda pun dapat mengabadikan momen tersebut dengan berfoto.



Perjalanan masuk ke pantai Surumanis bisa ditempuh dengan berjalan kaki masuk sepanjang 1 km setelah jalur Pantai Pecaron. Hal ini dilakukan karena kondisi jalan bukit karang yang kurang memungkinkan untuk dilewati oleh kendaraan, terutama kendaraan besar roda empat. Belokan yang tajam dan terjal menjadi tantangan tersendiri untuk menikmati pantai nan indah ini.

3. Spot Foto Instagramable

Apakah Anda seorang instagramer? Tak ada salahnya bila Anda mencoba mengambil gambar beberapa spot foto yang telah disediakan oleh pengelola lokasi wisata di Pantai Surumanis. Betapa tidak, beberapa spot seperti rumah kayu lengkap dengan payung warna warni dan background pantai dan tebing Pantai Surumanir membuat Anda akan terkagun –kagum akan keindahan dan keunikannya.

wisata pantai surumanis kebumen



Spot selanjutnya adalah pagar tebing berupa dek kayu tepi pantai, dimana sebuah tempat dengan pagar dan lantai yang terbuat dari kayu yang terletak diatas puncak bukit karang dengan latar belakang luas dan birunya samudra hindia. Bisa menghipnotis Anda untuk terus bersyukur atas ciptaan sang kuasa. Namun jangan lupa untuk tetap hati –hati dalam mengambil gambar ya. Usahakan posisi Anda tetap aman dan terjaga.



Spot foto angsa juga ada di lokasi ini, spot foto ini terdiri dari dua gambar angsa yang terbuat dari papan dan tentu saja banckgroundnya berupa samudra hindia yang memiliki ombak yang cukup besar cocok untuk Anda yang ingin berselfie bersama dengan pasangan. Ada pula spot dek kayu model perahu yang menghubungkan beberapa bukit karang menuju ke tengah laut.

Sensasi mendebarkan terkena deburan ombak laut pantai selatan di tengah dek kayu berbentuk perahu yang terkena dan terbentur mengenai bebatuan karang di sekitar spot foto dek kayu tersebut. Itulah beberapa spot foto buatan yang sengaja disiapkan oleh para pengelola Pantai Surumanis untuk kenyamanan dan kepuasan para wisatawan. Bagaimana? Cukup menantang namun tetap asik bukan?

4. Indahnya Panorama Bukit Pantai Surumanis

Bila Anda ingin menikmati sensasi lain di sebuah pantai pribadi, Anda bisa menaiki bukit –bukit karang yang terletak melingkari pantai Surumanis ini. Beberapa lokasi bukit telah diberi akses untuk menaikinya, sehingga Anda tidak perlu bersusah payah mencari rute untuk menaiki bukit –bukit karang tersebut, karena sudah ada jalur khusus yang bisa Anda gunakan.

sunset pantai surumanis kebumen



Beberapa spot bukit memiliki bagian –bagian yang bisa digunakan sebagai tempat mengabadikan momen dengan berfoto ria. Batu karang hitam menjulang tinggi dan pemandangan dari atas bukit yang penuh keeksotikan dan juga menenangkan membuat bukit –bukit di Pantai Surumanis ini menjadi rekomendasi utama setelah mengunjungi pasir pantai Surumanis.

5. Sensasi Pantai Pribadi

Jumlah pengunjung Pantai Surumanis yang memang masih belum banyak dan juga lingkungan pantai yang asri, dapat Anda nikmati sendiri membuat pantai ini serasa pantai pribadi yang sewaktu waktu dapat Anda nikmati panoramanya. Tak jarang, beberapa orang datang sendirian atau hanya dengan pasangannya, sehingga mereka dapat memiliki waktu yang berkualitas untuk diri mereka sendiri.

6. Serunya Bermain Air Laut

Ombak yang terdapat di Pantai Surumanis tidak terlalu besar bila dibandingkan dengan pantai –pantai lain yang menghadap langsung dengan samudra hindia. Hal ini dikarenakan pantai ini dikelilingi oleh beberapa batu karang yang mampu memecah ombak, sehingga hanya ombak –ombak kecil saja yang sampai di bibir pantai.

Oleh karena itu, pantai Surumanis cukup aman apabila Anda ingin bermain air laut dan mandi disana. Anda juga dapat menikmati deburan ombak pantai langsung tanpa harus takut akan terseret ombak. Namun tetap perlu diperhatikan, bahwa jangan berenang ataupun bermain air di wilayah air terlalu dalam ataupun terlalu jauh ke tengah laut.

7. Berwisata Sambil Berelaksasi Menghilangkan Kepenatan

pantai surumanis ayah kebumen


Terkadang wisata alam memang sangat cocok dengan suasana tenang untuk menhilangkan segala kepenatan diri setelah beraktifitas dengan kejenuhan di kota kota besar.



Demikianlah review ari saya Tentang Pantai Surumanis Kebumen, Happy Holiday

No comments:
Write komentar

Berlangganan
Untuk mendapatkan hal baru !