Comments

Recent

Bottom Ad [Post Page]

Search This Blog

Archive

Select Your Language

Full width home advertisement

Popular

Travel Highlight

Culiner Highlight

Author Description

hello welcome to my blog. thank you for your visit, don't forget to share if you think it's useful. we always open criticism and suggestions, submit your criticism and suggestions through the comments column

Post Page Advertisement [Top]

Friday 25 May 2018

LAVA TOUR MERAPI – Memacu Adrenalin diatas Jeep

Wisata Lava Tour Merapi

Siapa sih yang tak kenal Merapi? Gunung yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta ini bisa jadi merupakan gunung yang paling terkenal di Indonesia. Ini bukan soal pemandangannya ciamik atau treknya yang asyik, namun lebih karena statusnya yang sering galau alias berganti-ganti sehingga kerap muncul di televisi.




Gunung yang terletak dalam satu garis lurus dengan Tugu Jogja, Kraton, dan Pantai Parangtritis ini menjadi gunung berapi paling aktif di Indonesia bahkan dunia. Nyaris setiap 4 tahun sekali Merapi erupsi dan memuntahkan material vulkanik yang meluluhlantakkan desa-desa di sekitarnya. Meski begitu, orang-orang tetap mencintainya dan kembali tinggal di lereng Merapi.

Setelah erupsi besar pada tahun 2010 lalu, kawasan Gunung Merapi sisi selatan rata diterjang lahar dan menyisakan lautan pasir yang luas. Tak mau terlalu lama larut dalam kesedihan, warga pun mengubah petaka menjadi berkah dengan cara menawarkan paket wisata bertajuk Lava Tour Merapi. Belajar dari warga Bromo yang mampu mendapatkan penghasilan dari mengantarkan tamu-tamu menyusuri kawasan Pasir Berbisik, warga Kaliurang pun menawarkan paket wisata menyusuri lautan pasir dan bebatuan sisa erupsi.

Menyusuri lautan pasir sisa erupsi Merapi menggunakan Jeep bukanlah hal yang mudah. Medan Lava Tour Merapi yang sulit dan rute yang terjal memaksamu untuk terus berpegangan supaya tidak terjatuh saat pengemudi menginjak rem atau menarik gas secara mendadak.


Lokasi dan Akses Lava Tour Merapi





Starting point paket Lava Tour Merapi ini ada dua, pertama di Terminal Tlogo Putri, Kaliurang dan yang kedua di Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, Kecamatan Umbulharjo.


Dari Yogyakarta bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi salam 30 – 45 menit menyusuri Jalan Kaliurang ke utara melalui akses umum yang paling sering digunakan oleh para wisatawan dari arah manapun adalah dengan melalui jalan lingkar Jogja (ring road) utara kemudian berbelok ke utara di perempatan Kaliurang atau sejalur lurus dengan Tugu Jogja dan jalan Malioboro serta Keraton Yogyakarta. Sesampainya di pertigaan Pakem sebelum Pasar Pakem beloklah ke kanan atau arah timur lalu ke utara selanjutnya ikuti petunjuk yang terpasang disisi jalan. Untuk lebih jelasnya kamu bisa menggunakan fitur maps di smartphone mu.

Jika ingin naik angkutan umum kamu bisa memulai dari Terminal Condongcatur, lantas naik angkot jurusan Jogja – Kaliurang dan turun di Terminal Tlogo Putri.



Harga dan Rute Lava Tour Merapi



·         Short Trip Lava Tour Merapi

Durasi sekitar 1 hingga 1,5 jam dengan tarif Rp 400.000.
Start di Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, Kecamatan Umbulharjo – Mini Museum Sisa Hartaku – Batu Alien – Bunker Kaliadem.

·         Medium Trip Lava Tour Merapi

Durasi sekitar 2 jam dengan tarif Rp 450.000.
Opsi pertama: Start di Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, Kecamatan Umbulharjo – Mini Museum Sisa Hartaku – Batu Alien – Bunker Kaliadem – Makam Mbah Marijan.
Opsi kedua: Start di Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, Kecamatan Umbulharjo – Mini Museum Sisa Hartaku – Batu Alien – Bunker Kaliadem – Taman Nasional Plunyon.
Opsi ketiga: Start di Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, Kecamatan Umbulharjo – Mini Museum Sisa Hartaku – Batu Alien – Kali Kuning (spot air).
·         Long Trip Lava Tour Merapi
Durasi sekitar 2 hingga 2.5 jam dengan tarif Rp 550.000.
Opsi pertama: Start di Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, Kecamatan Umbulharjo – Mini Museum Sisa Hartaku – Batu Alien – Bunker Kaliadem – Makam Mbah Marijan – Buit Glagah Sari, Klangon.
Opsi kedua: Start di Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, Kecamatan Umbulharjo – Mini Museum Sisa Hartaku – Batu Alien – Bunker Kaliadem – Kali Kuning (spot air).
·         Sunrise Trip Lava Tour Merapi
Trip dimulai pukul 04.30 WIB, durasi sekitar 2.5 jam dengan tarif Rp 450.000.
Start di Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, Kecamatan Umbulharjo – Bukit Kaliadem – Batu Alien – Mini Museum Sisa Hartaku.


Tips Berwisata di Lava Tour Merapi



Pakailah masker dan kacamata untuk melindungi diri dari debu dan pasir yang berterbangan ketika sedang mengikuti perjalanan lava tour Merapi ini.

Kenakanlah jaket atau sunblock. Meski udaranya terkesan sejuk, namun paparan sinar matahari secara langsung selama berjam-jam bisa membuat kulit gosong.

Jalur yang menantang dan rute yang terjal dalam lava tour Merapi ini membuat aktivitas ini tidak disarankan bagi ibu hamil.

Saat akhir pekan atau hari libur bisanya banyak wisatawan yang mengikuti Lava Tour Merapi. 
Supaya kamu tidak perlu antri terlalu lama, ada baiknya kamu reservasi lebih dahulu.


Gimana? Apa kamu tertarik untuk berkunjung ke merapi? Ingat selalu untuk menjaga kebersihan ya. Karena kalo bukan kita yang menjaga, siapa lagi.

No comments:
Write komentar

Berlangganan
Untuk mendapatkan hal baru !